Rabu, 08 Oktober 2014

ALL ABOUT LUMAJANG

Lumajang…

Siapa sih yang kenal sama lumajang. Wah ini mungkin menjadi kata pedas buat kita semua penduduk Lumajang. Ini adalah bentuk keprihatinan ku terhadap kabupaten tempatku tinggal. Di luar sana Lumajang tidak dipandang apa sebagai kabupaten yang waw. Orang lain di luar sana jarang yang mengetahui pasti tentang Lumajang. Jangankan tentang apa saja yang ada dilumajang, keberadaannya pun masih diragukan oleh sebagian orang. Bahkan kenyataan yang lebih pahit beberapa temanku yang berasal dari luar kabupaten tapi tetap dalam satu provinsi jawa timur tidak mengetahui keberadaan lumajang. Haduh parah banget kan? ini lhoo aku kasih tau google mapnya :)
peta-jatim
jangan salah, lumajang punya beranekaragam budaya, makanan, dan ciri khas tertentu yang berbeda dari yang lain.
  • BUDAYA
salah satu yang paling terkenal adalah batik lumajang. Batik lumajang merupakan gambaran dari sebutan kota Lumajang, yang dikenal dengan nama Kota Pisang. Ini dia gambar batik pisang :
batik lumajang sebagai ikon kota pisang
batik lumajang sebagai ikon kota pisang
selain itu ada budaya yang lain, yakni kesenian jaran kencak. Lumajang harus bangga, karena kesenian Jaran Kencak ini masih ada. Bahkan, di beberapa desa, seperti Klakah, Ranuyoso, Kalipepe, Kedungrejo, Yosowilangun dan sejumlah desa lainnya, Jaran Kencak menjadi pertunjukkan yang masih diminati masyarakat. kesenian yang menggunakan Kuda sebagai hiburan.
17jharankencak
jaran kencak lumajang
  • MAKANAN
Ini dia sob, makanan khas dan terkenal di Kota Lumajang :
Lupis
Lupis
kripik pisang
kripik pisang
rambak pisang
rambak pisang
ayam bakar pedas
ayam bakar pedas
  • CIRI KHAS
Ciri khas yang dimiliki oleh Lumajang selain gunung Semeru adalah Pisang Agung yang sangat besar. Pisang ini tersebar luas di daerah Senduro, Ranuyoso dan Klakah. Ciri khas lain adalah Pura Mandaragiri Semeru Agung yang banyak orang menyebutnya “Naik Hajinya Orang Hindu se-Indonesia”. Pura yang mempunyai sebutan lain Pura Kahyangan Jagat (tempat memuja Hyang Widhi Wasa), selalu ramai setiap harinya, apalagi ketika ada kegiatan atau upacara keagamaan umat Hindu.
Sumber : CLICK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar